Ad (728x90)

Monday, June 25, 2012

Filled Under:

Berkenalan dengan GNU/Linux Lubuntu

Linux

Berdasarkan situs resmi dari ubuntu, terdapat beberapa turunan dari GNU/Linux Ubuntu yang secara signifikan terus berkontribusi di dalam perkembangannya anatara lain : 
  1. Sabily
  2. Xubuntu 
  3. Ubuntu Studio
  4. Mythbuntu
  5. Kubuntu
  6. Edubuntu
  7. Lubuntu 
Dan masih banyak lagi turunan dari GNU/Linux Ubuntu yang lain. Setiap distro-distro yang dibuat oleh developer memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan mendasar yang ada dari pemahaman saya hanya pada sisi antarmuka, sisi perangkat lunak yang terinstall dan visi yang dibawa. Sebagai contoh GNU/Linux Xubuntu, merupakan GNU/Linux Ubuntu yang menggunakan antarmuka XFCE sebagai desktopnya. XFCE dinilai ringan sehingga digunakan pada GNU/Linux Xubuntu. Sedangkan GNU/Linux Kubuntu menggunakan KDE (K Desktop Environtment). Adapun GNU/Linux Ubuntu Studio lebih kearah untuk penggunaan manipulasi multimedia seperti editing video, suara dan gambar.
Lubuntu adalah sebuah proyek yang dimaksudkan untuk menghasilkan suatu turunan resmi dari sistem operasi .Ubuntu yang "lebih ringan, lebih sedikit menggunakan sumber daya dan efisien energi", menggunakan lingkungan desktop LXDE ( Lightweight X11 Desktop Environment ).

Desktop LXDE menggunakan window manager open box dan dimaksudkan untuk menjadi sistem yang rendah persyaratan, menggunakan RAM sedikit untuk netbook dan PC (komputer) tua. Dalam tugas ini Lubuntu akan bersaing dengan Xubuntu.

GNU/Linux Lubuntu memiliki perbedaan. Sebagai contoh jika kita terbiasa menggunakan gnome-terminal maka di GNU/Linux Lubuntu kita menggunakan lxterminal. Di sisi perangkat lunak untuk pengolahan kata GNU/Linux Lubuntu menggunakan AbiWord sebagai default installasinya. Sedangkan untuk browsing di internet menggunakan Chromium. Perangkat-perangkat lunak tersebut merupakan perangkat yang dinilai cukup ringan.

wahyu

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • Copyright © Kodepedia™ is a registered trademark.
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.