Ad (728x90)

Saturday, October 13, 2012

Filled Under:

Pointer dan Array Pada Struktur Data C++

C++
Pointer di C++ adalah variabel yang berisi alamat memory dari variabel lain.Pointer dan array mempunyai hubungan yang dekat. Secara internal array juga menyatakan alamat. Berikut ini contoh pointer yang menunjuk ke array.

Source kode di atas kalo dijalankan maka akan menghasilkan sebagai berikut :

 

Pada script kode di atas, tanggal lahir bertipe array non pointer terdiri 3 element index. Kemudian ptgl yang bertipe integer sebagai pointer. Waktu praktikum hari senen ada pertanyaan dari mbak mahasiswi lupa namanya. Menanyakan mengapa nilai yang ditunjuk oleh ptgl selalu tetap 24 tidak pernah berubah, mengikuti indek element array yang diganti ?
Pada bagian yang saya lingkari di atas, menunjukan pointer ptgl mereferensikan ke data yang bertipe array, sehingga element pertamalah yang selalu dibaca, karena ptgl merupakan sebuah pointer dan tgl_lahir merupakan sebuah array, dan array sendiri sudah merupakan sebuah alamat. Sehinggapernyataan seperti :
ptgl = tgl_lahir
identik dengan :
ptr = &tgl_lahir[0];

Semoga bermanfaat.


.





wahyu

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • Copyright © Kodepedia™ is a registered trademark.
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.